Perangkat HARDWARE |
OK,
kita mulai saja, sudah tidak bisa dipungkiri lagi bahwa sebuah computer dalam
kehidupan kita sehari-hari sudah bukan menadi kebutuhan sekunder lagi, tetapi
sudah menjadi kebutuhan primer yang mana pada setiap aktifitas kita tidak lepas
dari peran computer yang membantu semua pekerjaan kita, baik itu komunikasi,
tugas kantor, kuliah dan lainnya. Untuk itu, disini saya akan mencoba mengupas
sedalam yang saya bisa elemen dasar dari computer yaitu HARDWARE, SOFTWARE, dan
BRAINWARE yang begitu saling bergantung satu-sama lainnya.
A. Pengertian HARDWARE
A. Pengertian HARDWARE
Hardware
atau dalam bahasa Indonesia itu Perangkat Keras adalah elemen pada computer
yang dapat terlihat dan disentuh secara fisik oleh manusia secara langsung yang
mendukung proses komputerisasi. Jadi semua komponen yang ada pada computer yang
dapat terlihat mata dan dapat disentuh secara fisik itulah yang disebut
HARDWARE.
Contoh
dari HARDWARE adalah sebagai berikkut :
Kumpulan Hardware Komputer |
1. Perangkat Masukkan/Input Device
2. Perangkat Pemrosesan
3. Perangkat Output/Keluaran
4. Perangkat Penyimpanan/Backing Storage
5. Perangkat Periferal ( perangkat tambahan )
Masing-masing elemen diatas mari
kita usut tuntas pengertian, fungsi dan contoh-contohnya sebagai berikut :
1. Perangkat Masukkan/Input Device
1. Perangkat Masukkan/Input Device
Kumpulan Hardware - Input, Proses, Output, Storage |
Data
yang dimasukkan ke dalam sistem komputer dapat berbentuk signal input dan
maintenance input. Signal input berbentuk data yang dimasukkan ke dalam sistem
komputer, sedangkan maintenance input berbentuk program yang digunakan untuk
mengolah data yang dimasukkan. Jadi Input device selain digunakan untuk
memasukkan data dapat pula digunakan untuk memasukkan program. Berdasarkan
sifatnya, peralatan input dapat digolongkan menjadi dua yaitu :
•
Peratalan input langsung, yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh
alat pemroses. Contohnya : keyboard, mouse, touch screen, light pen, digitizer
graphics tablet, scanner.
•
Peralatan input tidak langsung, input yang melalui media tertentu sebelum suatu
input diproses oleh alat pemroses. Contohnya : punched card, disket, harddisk.
a. Keyboard
a. Keyboard
Keyboard QWERTY |
Jenis-jenis
keyboard :
- QWERTY
- DVORAX
- KLOCKENBERG
b. Mouse
Mouse adalah salah unit
masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau
kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat
dibanding dengan keyboard. Mouse mulai digunakan secara maksimal sejak sistem
operasi telah berbasiskan GUI (Graphical User Interface). sinyal-sinyal listrik
sebagai input device mouse ini dihasilkan oleh bola kecil di dalam mouse,
sesuai dengan pergeseran atau pergerakannya. Sebagian besar mouse terdiri dari
tiga tombol, umumnya hanya dua tombol yang digunakan yaitu tombol kiri dan
tombol kanan. Saat ini mouse dilengkapi pula dengan tombol penggulung (scroll),
dimana letak tombol ini terletak ditengah. Istilah penekanan tombol kiri
disebut dengan klik (Click) dimana penekanan ini akan berfungsi bila mouse
berada pada objek yang ditunjuk, tetapi bila tidak berada pada objek yang
ditunjuk penekanan ini akan diabaikan. Selain itu terdapat pula istilah lainnya
yang disebut dengan menggeser (drag) yaitu menekan tombol kiri mouse tanpa
melepaskannya dengan sambil digeser. Drag ini akan mengakibatkan objek akan
berpindah atau tersalin ke objek lain dan kemungkinan lainnya. Penekanan tombol
kiri mouse dua kali secara cepat dan teratur disebut dengan klik ganda (double
click) sedangkan menekan tombol kanan mouse satu kali disebut dengan klik kanan
(right click)Mouse terdiri dari beberapa port yaitu mouse serial, mouse ps/2,
usb dan wireless.
c. Touchpad
Touchpad
biasanya sering kita temukan pada Laptop/Notebook yang berfungsi
sebagai pengganti Mouse, yang penggunaannya dengan sentuhan jari. Dari
segi efektifitas pada saat kita menggunakan laptop/notebook, penggunaan
touchpad lebih efektif daripada menggunakan mouse, selain touchpad sudah
terpasang secara otomatis pada laptop/notebook, penggunaan mouse
menjadi kurang efektif karena mesti kita colokkan dulu pada USB Port.
Tetapi kalau penggunaannya untuk membuat seni grafis atau lainnya,
penggunaan mouse akan menjadi pilihan utama, karena dengan menggunakan
mouse, pengontrolan pointer akan lebih terkontrol.
Selain touchpad, ada juga unit masukkan sejenis yaitu Pointing Stick dan Trackball.
d. Light Pen
- QWERTY
- DVORAX
- KLOCKENBERG
b. Mouse
Mouse Wireless |
c. Touchpad
Touchpad |
Selain touchpad, ada juga unit masukkan sejenis yaitu Pointing Stick dan Trackball.
Pointing Stick |
Trackball |
d. Light Pen
Light Pen |
Light pen adalah pointer elektronik
yang digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor).
Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang
kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal
elektronik setiap baris per detik.
e. Joy Stick dan Game Paddle
Alat
ini
biasa digunakan pada permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya
berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau
persegi
terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur
gerak
suatu objek dalam komputer. Joy Stick seperti halnya kita bermain
balapan motor di Time Zone, tetapi sekarang ini model dari Joy Stick
sendiri sudah dibuat seperti stang pada sepeda motor agar lebih seperti
aslinya kita sedang balapan. Sedangkan Game Paddle yang biasa sering
kita gunakan saat bermain PES, atau game lainnya pada PC atau layar
monitor yang terkoneksi dengan PlayStation (PS).
f. Scanner
e. Joy Stick dan Game Paddle
Joy Stick |
Game Paddle |
f. Scanner
Scanner |
Scanner adalah sebuah alat yang
dapat berfungsi untuk meng copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian
disimpan ke dalam memori komputer. Dari memori komputer selanjutnya, disimpan
dalam harddisk ataupun floppy disk. Fungsi scanner ini mirip seperti mesin
fotocopy, perbedaannya adalah mesin fotocopy hasilnya dapat dilihat pada kertas
sedangkan scanner hasilnya dapat ditampilkan melalui monitor terlebih dahulu
sehingga kita dapat melakukan perbaikan atau modifikasi dan kemudian dapat
disimpan kembali baik dalam bentuk file text maupun file gambar. Selain scanner
untuk gambar terdapat pula scan yang biasa digunakan untuk mendeteksi lembar
jawaban komputer. Scanner yang biasa digunakan untuk melakukan scan lembar
jawaban komputer adalah SCAN IR yang biasa digunakan untuk LJK (Lembar Jawaban
Komputer) pada ulangan umum dan Ujian Nasional. Scan jenis ini terdiri dari
lampu sensor yang disebut Optik, yang dapat mengenali jenis pensil 2B. Scanner
yang beredar di pasaran adalah scanner untuk meng-copy gambar atau photo dan
biasanya juga dilengkapi dengan fasilitas OCR (Optical Character Recognition)
untuk mengcopy atau menyalin objek dalam bentuk teks.
Scanner DMR |
Saat
ini telah dikembangkan scanner dengan teknologi DMR (Digital Mark Reader),
dengan sistem kerja mirip seperti mesin scanner untuk koreksi lembar jawaban
komputer, biodata dan formulir seperti formulir untuk pilihan sekolah. Dengan
DMR lembar jawaban tidak harus dijawab menggunaan pensil 2 B, tapi dapat
menggunakan alat tulis lainnya seperti pulpen dan spidol serta dapat
menggunakan kertas biasa.
Ternyata
sudah panjang lebar seperti ini, baru satu elemen saja yang sudah kita
bahas, dan ini belum semua terbahas, kalau kita lanjutin wooowww banyak
banget sobat...
Untuk
sementara ini saja dulu yang saya shared, lain kesempatan saya akan
coba sambung lagi buat membahas elemen2 hardware yang masih belum
tersinggung diatas.
Ok, terima kasih atas perhatiannya, dan semoga bermanfaat.
sumber : http://belajar-komputer-mu.com
{ 0 komentar... read them below or add one }
Posting Komentar
Silakan tinggalkan komentar yang bermanfaat, apabila ada link download yang corrupt atau mati tolong infokan ke admin melalui komentar dibawah.